HeadlinesUINMA

KKP Mahasiswa UIN Mataram Diminta Membantu UMKM

Foto-foto Kelompok KKP Desa Kesik, Lombok Timur, Jumat (30/6/2023)

Lombok Timur — Pendampingan Desa Wisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah Halal menjadi tema besar Kuliah Kerja Partisipatif mahasiswa Universitas Islam Negeri Mataram tahun 2023. KKP diikuti oleh 2.399 mahasiswa dan terbagi ke dalam 190 kelompok atau sesuai dengan jumlah desa yang mejadi lokasi KKP.

KKP berlangsung selama 45 hari, yakni dimulai dari acara pelepasan oleh Universitas, 3-4 Juli 2023. Lokasi KPP, antara lain, Desa Kesik (Lombok Timur), Desa Sigerongan (Lombok Barat), Desa Aik Berik (Lombok Tengah), Desa Tegal Maja (Lombok Utara), Desa Kalimantong (Sumbawa Barat).

Pelepasan kelompok KKP untuk Lombok Timur dan Lombok Tengah pada 3 Juli 2023, sedangkan wilayah Lombok Barat, Lombok Utara, 4 Juli 2023.

Selanjutnya survei menjadi aktivitas anggota kelompok KKP, seperti kelompok Desa Kesik, Kecamatan Masbagik, Lombok Timur. Survei untuk melihat wisata, budaya, di Desa Kesik, serta beberapa tempat yang cocok sebagai lokasi program kerja kelompok.  Selain itu, bertemu dengan  organisasi Karang Taruna, Pokdarwis untuk membahas program kerja. Ditambah melakukan gotong royong membersihkan posko yang akan menjadi tempat menginap mahasiswa. (WAHYUNIA PURNAMA/AGUS SANTHOSA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *