Parallel sassion AICIS 2022 : Halal Product Identification Using Scan QR

BERITA DAN FOTO DAUD

RADIO SINFONI, Mataram — The 21st Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2022, menjadikan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram sebagai tuan rumah dan menyelenggarakan kegiatan parallel sassion di hari kedua bertempat di gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam kampus II UIN Mataram, Jumat (21/10/2022).

AICIS tahun ini berlangsung sangat meriah dan berbeda dengan tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut terlihat pada salah satu tema sentral yang diangkat kali ini berkaitan dengan isu yang familiar dalam negeri yaitu future religion in G-20, digital transformation, knowledge management dan social resillence.

Dihadiri oleh pemateri dari berbagai universitas di Indonesia dan terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai jam 08.00-10.00 dengan pemakalah Melly Masni (UIN Ar-Raniry Banda Aceh), Siti Mardiah (UIN Raden Fatah Palembang), dan M.Iman Wahyudin (UIN Sultan Maulana Banten). Sementara sesi kedua dimulai jam 10.00-11.45 oleh pemakalah Jumari (STAI Denpasar Bali), Saifuddin Amin (Muhammadiyah Islamic College Singapore), Abdul Wahid (UIN Mataram), Zuardin (UIN Sunan Ampel Surabaya) dan Yunita Agus (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Baca Juga :  Menuju Angka Putus Sekolah Nol di Desa Sukadana

Salah satu yang menarik perhatian adalah materi yang disampaikan M. Imran Wahyu, perwakilan dari UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang berjudul “REAL TIME HALAL PRODUCT IDENTIFICATION USING SCAN QR”

“Keunikan yang terdapat pada system QR ini dapat mendeteksi sebuah produk, apakah halal atau tidak.”ungkapnya saat pemaparan makalah di ruangan 5 AICIS.

Imran menjelaskan skema identifikasi penggunaan kode QR untuk mengetahui kehalalan suatu produk. Disamping itu dijelaskan juga cara penggunaan aplikasi QR tersebut.

Para pemakalah menyampaikan materinya dalam tiga bahasa yaitu Indonesia, Arab dan Inggris. Kegiatan parallel sessions berlangsung kondusif dan berisi tanya jawab antara pemateri dengan audience yang menambah keseruan dalam ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: